Tekno

Wow, Google Pixel 8 Akan Update Software Sampai 7 Tahun Kedepan!

Acara Made by Google yang digelar pada (4/10/2023) banyak membicarakan tentang software dan kecerdasan buatan yang menjadi sorotan setiap tahun.

Meskipun Google akhirnya memperkenalkan produk andalannya tahun ini, yaitu Pixel 8 dan Pixel 8 Pro, antusiasme penonton tampaknya tidak seheboh yang diharapkan.

Hal tersebut karena banyak bocoran informasi sejak beberapa bulan yang lalu mengenai kedua ponsel Pixel baru ini.

Google tiba-tiba memberikan pengumuman mengejutkan melalui Blog Google bahwa mereka berkomitmen untuk memberikan pembaruan software untuk Google Pixel 8 hingga 7 tahun ke depan, yaitu hingga tahun 2030.

Komitmen ini sekaligus menjadikan Google sebagai perusahaan smartphone pertama yang menjanjikan pembaruan selama lebih dari 6 tahun.

Untuk perbandingan, produk Apple dengan umur dukungan software terpanjangnya adalah iPhone 6S, yang hanya mendapatkan pembaruan selama 6 tahun dan berhenti setelah peluncuran iOS 15.

Komitmen Google terhadap Pixel tahun ini berarti akan menerima pembaruan dari Android 15 hingga Android 21 di masa mendatang.

Angka ini juga melampaui komitmen Samsung yang sebelumnya mengumumkan bahwa semua lini ponsel mereka akan menerima pembaruan software selama minimal 4 tahun.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah Google benar-benar akan mematuhi komitmen ini?

Jika benar, maka produk smartphone Google akan memiliki nilai tambah yang lebih besar di mata konsumen. Terlebih lagi, jika Pixel 8 dapat bertahan selama 7 tahun tanpa masalah perangkat keras.

Mengingat masa pakai rata-rata smartphone oleh konsumen saat ini adalah 2-3 tahun, pembaruan software yang lebih lama akan membuat nilai jual smartphone ini lebih tinggi.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker