Anime

5 Perbedaan Genjutsu Tsukuyomi dan Mugen Tsukuyomi di Naruto

Dalam serial anime Naruto, ada berbagai teknik ninja yang cukup menakutkan, salah satunya adalah genjutsu, yang menjadi jutsu andalan dari klan Uchiha.

Diantara banyaknya jenis genjutsu, ada dua yang sangat kuat, yaitu Genjutsu Tsukuyomi dan Mugen Tsukuyomi.

Kedua teknik ini digunakan oleh dua karakter kuat, yakni Itachi Uchiha dan Madara Uchiha. Namun, meski keduanya berbeda, masih banyak yang belum mengetahui perbedaannya.

Lalu, apa perbedaan Genjutsu Tsukuyomi dan Mugen Tsukuyomi?

Genjutsu Tsukuyomi: Ilusi Pribadi yang Menakutkan

Genjutsu Tsukuyomi adalah teknik ilusi yang digunakan oleh Itachi Uchiha, salah satu karakter paling misterius dan kuat dalam dunia Naruto.

Teknik ini memungkinkan Itachi untuk mengendalikan pikiran dan perasaan lawannya dengan menciptakan ilusi yang sangat kuat.

Dalam Genjutsu Tsukuyomi, Itachi menciptakan dunia ilusi di dalam pikiran lawannya. Di dalam dunia ini, lawan mengalami penderitaan fisik dan psikologis yang luar biasa.

Mereka seolah-olah merasa terluka atau disiksa tanpa henti, padahal itu semua hanyalah ilusi. Tidak ada cara untuk melawan Genjutsu Tsukuyomi, kecuali jika dibatalkan oleh orang lain.

Artinya, untuk menghadapi genjutsu Itachi tidak bisa seorang diri karena butuh orang lain yang dapat menetralkan atau membatalkan genjutsu tersebut.

Mugen Tsukuyomi: Ilusi Dunia yang Tak Terbatas

Di sisi lain, Mugen Tsukuyomi adalah teknik ilusi yang digunakan oleh Madara Uchiha, tokoh antagonis utama dalam serial Naruto.

Mugen Tsukuyomi adalah teknik yang jauh lebih kuat daripada Genjutsu Tsukuyomi karena tidak hanya mempengaruhi satu orang, tetapi seluruh dunia.

Dengan Mugen Tsukuyomi, Madara menciptakan ilusi dunia yang sempurna dimana semua orang hidup dalam kebahagiaan dan kedamaian, tetapi sebenarnya, semua orang dalam ilusi ini terperangkap dalam genjutsu yang tak terbatas.

Mereka hidup dalam kebahagiaan yang palsu sementara tubuh asli mereka terjebak dalam pohon dewa. Namun, lambat laun mereka yang terperangkap pohon dewa akan terserap chakranya untuk kebangkitan Kaguya.

Perbedaan Genjutsu Tsukuyomi dan Mugen Tsukuyomi

1. Skala Ilusi yang Diciptakan

Perbedaan utama antara Genjutsu Tsukuyomi dan Mugen Tsukuyomi adalah sejauh mana skala ilusi tersebut.

Genjutsu Tsukuyomi mempengaruhi seseorang dengan menciptakan ilusi dalam pikiran, sementara Mugen Tsukuyomi mempengaruhi manusia seluruh dunia dengan menciptakan ilusi yang sempurna.

2. Jarak Untuk Melakukan Genjutsu

Teknik Genjutsu Tsukuyomi memiliki batasan berupa jangkauan terbatas. Itachi harus berada dalam jarak fisik yang cukup dekat dengan targetnya untuk menggunakannya.

Sementara Mugen Tsukuyomi dapat memberi ilusi kepada orang di seluruh dunia karena menggunakan bulan sebagai media ilusinya.

3. Tujuan Genjutsu

Genjutsu Tsukuyomi lebih digunakan untuk menyiksa psikis musuh, sehingga musuh akan mendapat kepedihan yang mendalam, bahkan dapat mengalami trauma yang berujung pada pengaruh fisik.

Sementara Mugen Tsukuyomi lebih digunakan untuk membawa semua orang menuju dunia kebahagiaan dan kedamaian tanpa adanya perang.

4. Cara Mengaktifkannya

Genjutsu Tsukuyomi bisa diaktifkan dan digunakan kapan saja oleh Itachi tanpa syarat tertentu. Dalam beberapa pertarungan, Itachi tampak menggunakannya tanpa kesulitan.

Sementara untuk mengaktifkan Mugen Tsukuyomi dibutuhkan chakra dari 9 bijuu yang kemudian berubah menjadi monster ekor 10 atau juubi.

Oleh karenanya, Akatsuki memiliki misi untuk mengumpulkan semua bijuu di dunia demi mengaktifkan Mugen Tsukuyomi.

5. Cara Mengontrolnya

Itachi dapat dengan mudah mengontrol orang yang terkena Genjutsu Tsukuyomi. Artinya, Itachi memiliki kontrol penuh yang dapat membuat dunia baru bagi korbannya.

Sementara Mugen Tsukuyomi sulit dikontrol karena korbannya adalah orang satu dunia sehingga mereka semua terjebak dalam genjutsu yang sama, yakni dunia penuh kebahagiaan dan harapan.

Nah, itulah beberapa perbedaan perbedaan Genjutsu Tsukuyomi dan Mugen Tsukuyomi di anime Naruto. Dua genjutsu tersebut adalah jutsu yang mengerikan sehingga menjadi momok bagi shinobi.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker